Sistem Informasi Pemasaran
Pengertian Sistem Informasi Pemasaran
Sistem informasi pemasaran adalah kegiatan perseorangan & organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yg memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan pendistribusian promosi dan penentuan harga barang,jasa dan gagasan.
Komponen Sistem Informasi Pemasaran
q Input Pemasaran
Sistem informasi pemasaran mempunyai subsistem yg
terdiri dari :
- Sistem informasi Akuntansi (AIS): mengumpulkan data yang menjelaskan transaksi pemasaran perusahaan.
- Intelejen pemasaran: mengumpulkan informasi dari lingkungan perusahaan yang berkaitan dengan operasi pemasaran.
- Riset Pemasaran: peneliti pemasaran melakukan penelitian khusus mengenai operasi pemasaran.
q Output Pemasaran
Tiap subsistem output menyediakan informasi tentang
Subsistem itu sebagai bagian dari bauran yaitu :
- Produk (Product): menyediakan informasi tentang produk perusahaan
- Tempat (Place): menyediakan informasi tentang tempat kegiatan periklanan
- Promosi (Promotion): menyediakan informasi tentang kegiatan periklanan perusahaan dan penjualan langsung.
- Harga (Price): membantu manajer untuk membuat keputusan harga.
q Model Pemasaran
Model digunakan untuk menghasilkan informasi yg relevan
dan sesuai dengan kebutuhan pemakai sistemnya. Model di
sistem informasi pemasaran banyak digunakan untuk :
- menghasilkan laporan keperluan anggaran operasi,
- strategi penentuan harga produk, evaluasi produk baru,
- pemilihan lokasi fasilitas, evaluasi penghapusan produk lama,
- penunjukan salesman,
- penentuan rute pengiriman yang paling optimal,
- pemilihan media iklan yang paling efektif dan untuk persetujuan kredit.
Subsistem Sistem Informasi Pemasaran
1. Subsistem Penelitian Pemasaran (Riset Pemasaran)
Subsistem penelitian pemasaran merupakan sistem yang berhubungan dengan pengumpulan, pencatatan dan analisis data pelanggan dan calon pelanggan.
2. Subsistem Intelijen Pemasaran
Tiap area fungsional bertanggung jawab untuk menghubungkan perusahaan dengan elemen-elemen tertentu dilingkungan pemsaran yang memliki tanggung jawab utama pada pelanggan dan pesaing.
3. Subsistem Produk
Subsistem produk yg berguna untuk membuat rencana produk baru.
q Siklus hidup produk
Tugas manajer pemasaran adalah mengembangkan strategi dantaktik untuk tiap unsur dalam bauran pemasaraan & kemudian mengintegrasi menjadi suatu rencana pemasaran yang menyeluruh dan mengarahkan manajer dalam membuat keputusan-keputusan ini seperti arti namanya siklus hidup produk.
q Model evaluasi produk baru
Keputusan untuk mengembangkan produk baru harus dipertimbangkan secara matang dan dengan dasar keuangan yang baik dan dibuat oleh eksekutif.
4. Subsistem Tempat
Pengambilan keputusan terhadap penentuan tempat yang sesuai dengan pelemparan produk yang dihasilkan sangat menentukan tingkat penjualan produk. Untuk itu, posisi subsistem ini sangat vital dalam keberadaanya.
5. Subsistem Promosi
Subsistem promosi berfungsi untuk melakukan analisis terhadap promosi yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan.
6. Subsistem Harga
Subsistem harga yg berfungsi untuk membantu menetapkan harga terhadap produk yg dihasilkan.
q Penetuan harga berdasarkan biaya
Beberapa perusahaan menggunakan penentuan harga berdasarkan biaya dengan menentukan biaya-biaya yang mereka keluarkan dan menambahkan markup yang diinginkan.
q Penentuan harga berdasarkan permintaan
Kebijakan harga yang kurang berhati-hati adalah penentuan harga berdasrakan permintaan yang menetapkan harga sesuai dengan nilai yang ditempatkan oleh konsumen terhadap produk.
0 comments:
Post a Comment
Blog,kesehatan,kuliner,sport,teknologi,pendidikan,Bisnis,cinta,Remaja,komedi, allinformasi.